Mahalnya Gigi

dental_treatment1.jpgSelasa, 12 Aug 2008 kemarin, saya mengunjungi seorang dokter gigi di sebuah RS ternama di dekat kantor saya Mega Kuningan. Saya terpaksa berurusan dengan dokter gigi ini karena saya merasakan ngilu dibagian gigi kanan atas. Awalnya, saya beranggapan kalau gigi saya bolong jadi bersiap-siap dicabut atau dtambal. Nyampe di dokter jam 3-an sore, langsung ke ruangan dokter dan dimulailah percakapan berikut:

Dokter: Sore pak, silahkan duduk. Keluhannya apa pak?

Kalpin: Sore Dok, ini gigi saya kanan atas agak ngilu kalau kena makanan atau air dingin

Dokter: (mulai persiapkan alat, lalu saya disuruh tidur terlentang dan buka mulut lebar-lebar) Ini kurang kelihatan pak, sepertinya harus kita bersihkan dulu karangnya, normalnya membersihkan karang gigi sekali 6 bulan, bla….bla…bla… (pokoknya yang berbau sales)

Kalpin: (saking udah ngilunya, ndak mikir panjang) Silahkan dok, yang terbaik saja (lalu diam pasrah dengan mulut terbuka selama hampir 1 jam)

Ngeng…..ngeng…….ngeng (alat dokter mulai berbunyi).  Setelah membersihkan karang, akhirnya ketahuan, kalau gigi bagian kanan atas, bukan berlobang tetapi memang karena selama ini salah kaprah menggosok gigi sehingga gusinya aus, dan leher gigi kelihatan, jadi harus ditambal (2 gigi kanan atas ditambal). Lalu ada 2 gigi lagi sebelah kiri, atas dan bawah yang harus ditambal, supaya tidak makin parah. Saya mulai itung-itung biayanya, karena membersihkan karang dikasih tahu harganya Rp. 700.000 (sudah mulai kaget sebenarnya) cuman saya ambil positifnya saja kalau misalnya urusan 1 gigi paling 100 rb, jadi make senselah kalau habis 1jt-an. Setelah selesai menambal 4 gigi + membersihkan karang, keluarlah billing dari dokter….deg……………..gigi benar biayanya Rp. 3.100.000 (Rp. 700.000 + 4 x 600.000). Ternyata untuk menambal lubang 1 gigi saja, Rp. 600.000 ? Tapi mau bilang apa lagi? masa giginya dibolongin lagi? dah deh…relain aja, paling juga saya puasa dari yang lain ampe 6 bulan, yang penting gigi saya sudah mantab 😀

Nah, buat Anda semua, hati-hati dengan gigi Anda karena gigi sangat mahal, perawatannya pun mahal.

About Kalpin Erlangga Silaen

Suka membaca
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

8 Responses to Mahalnya Gigi

  1. adiko says:

    busyet…urusan ama gigi mahal ya om…tapi reimburse kan yah hehehe…, next 6 bulan lagi periksa lagi om .. supaya lebih mantaap..

  2. Hahahaha…benar mas memang mahal sekali, tetapi reimburs udah abis buat si kecil 🙂

  3. Deep says:

    Wah emang enak om jadi dokter gigi, sejam udah dapat jutaan hehehe..
    Tapi tarfinya masih murah di Solo deh.. kemaren aku bersihin karang gigi, all kena charge 200 rebu doank. Ke Solo aja om khusus periksa gigi hehehe.. :p

  4. Wasah…ongkos ke Solo PP berapa ya ? wkwkwkwkwk all costs 😀

  5. goyang says:

    gigi nya dah kek judul yang di atas itu om ?? .. kinclong….

  6. chaps says:

    pin, g tambal di klinik anggrek cm 100rb per gigi. dokter muda, kerjaannya halus, memuaskan deh.

  7. Centro says:

    untung saya pake askes :p

  8. broth says:

    sebenarnya perawatan gigi itu tidak mahal….. dengan catatan belum terlambat penanganannya…… NAh yang jadi presepsi tidak telambat bagi kita orang umum dan dokter gigi berbeda.
    Menurut kita.. asalkan kita tidak memiliki keluhan sakit kita selalu menganggap gigi kita sehat dan tidak masalah. padahal gigi yang mulai berlubang itu tidak akan pernah mengalami sakit sedikitpun. ini yang tidak disadari oleh kita…
    asalkan kita rajin cek kedokter gigi dan kita tahu gigi kita mulai bermasalah segera dirawat maka harga dari perawatan juga ndak akan sebegitu mahalnya…. karena semakin parah kasus gigi kita maka semakin komplek perawatan….
    itu kata dokter gigiku sih……. tapi emang bener. makanya lubang2 gigiku yang kecil2 udah aku tambal semua…. sekarang cuma tinggal kontrol 6bln sekali. itupun cuma dicek aja. kalo ndak ada masalah ya tinggal kontrol lagi 6 bulan kedepan……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *